Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.(Matius 11:28)

17 Jul 2011

BALOK BETON DAN BALOK BAJA

Posted by Unknown on 20:43 with No comments

pernahkah anda menghitung dan menganalisa apakah benar jika konstruksi beton di ganti menjadi konstruksi baja akan lebih mahal ? ……
saya punya sedikit pengalaman menarik tentang perhitungan ini,
dari dulu saya begitu penasaran untuk mengetahui selisih harga antara konstruksi beton dan baja. kalo saya tanya orang ahli struktur, mahal mana antara konstruksi beton dan baja ? dia langsung memvonis dengan jawaban ” pasti mahal baja… ” tanpa pembuktian secara perhitungan tapi berdasarkan perkiraan. saya pun mangut-mangut saja, karena saya pun tidak bisa menghitung struktur untuk saya hitung dan dibuktikan sendiri….
baru kali ini saya punya jawaban atas pertanyaan yang selalu mengganjel pemikiran saya, kebetulan ada satu bangunan yang di hitung dengan dua jenis konstruksi yang berbeda, yang satu dengan konstruksi baja dan yang satu menggunakan konstruksi beton. al-hasil saya hitung biaya konstruksinya berdasarkan analisa standar nasional indonesia…adalah :
untuk biaya struktur bawah, konstruksinya sama, mulai dari pondasi bor file, sloof dan poorplate. tapi ketika saya menghitung biaya kolom mulai ada perbedaan harga antara konstruksi beton dan baja. dalam item ini saya menemukan harga kolom beton lebih murah di banding kolom baja, karena dimensi kolom beton yang di pakai sama dengan dimensi kolom baja. pada dimensi kolom beton menggunakan ukuran 40cm x 40cm, kalau di konversi ke baja jatuhnya menggunakan baja WF 400….setelah di hitung harga kolom beton jauh lebih murah dibanding kolom baja, jadi saya memutuskan untuk kolom tetap menggunakan kolom beton….
berikutnya saya mulai menghitung pembalokan. ternyata pada perhitungan pembalokan ada yang mengagetkan. setelah saya hitung biaya balok beton dengan dimensi 30/50, dengan tulangan 8d16 , tulangan puntir 2d12, dan untuk sengkang d8-125. lalu di konversi ke balok beton dan menghasilkan dimensi beton WF 300. lalu saya hitung kembali biaya konstruksinya dengan menggunakan analisa harga satuan SNI ( standar nasional indonesia ) dan hasilnya biaya konstruksi baja lebih murah dari konstruksi beton..silahkan lihat analisanya pada file pdf.
setelah menghitung biaya bangunan tersebut, langsung bisa saya simpulkan, bahwa untuk konstruksi kolom saya menggunakan konstruksi beton, karena kolom beton terbukti lebih murah. dan pada pembalokan saya memutuskan dengan menggukan konstruksi baja, karena baja terbukti lebih murah.

jadi bangunan saya mix berdasarkan harga yang termurah…
mungkin dari hasil pengalaman saya anda bisa mengkaji ulang apakah pada pembalokan, anda akan menggukana konstruksi beton atau konstruksi baja…..,
selamat menganalisa dan menimbang-nimbang ulang pekerjaan anda. apakah anda akan memutuskan seluruh bangunan dengan menggunakan konstruksi beton atau konstruksi baja atau….di mix (dicampur) antara kolom beton dan balok baja…?????????

analisa konversi beton ke baja

sumber: kangasep.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda berkomentar dengan sopan