Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.(Matius 11:28)

10 Jul 2012

10 Cara Menyegarkan Sudut Ruang

Posted by Unknown on 20:30 with No comments

Anda memiliki sudut ruang di rumah? Jangan abaikan sudut ruang Anda. Bila dibiarkan, sudut ruang akan menjadi ruang mati dan terabaikan. Efeknya, ruang ini akan mempengaruhi tampilan ruangan secara menyeluruh.

Ada banyak cara kreatif untuk memaksimalkan sudut ruang menjadi lebih bernyawa. Kuncinya adalah kreatif memanfaatkan sudut ruang dan disesuaikan dengan kebutuhan ruangan. Jika Anda mengalami masalah dengan sudut ruang dalam hunian, mungkin 10 saran ini bisa membantu memberikan "kesegaran" baru di ruangan Anda!

1. Jadikan sudut ruang sebagai area menggantung jaket, syal, topi, dan aksesoris lainnya. Gantungan bisa dipilih bentuknya yang unik dan menarik. Ketika tidak difungsikan sebagai gantungan, fungsi lain seperti penghias sudut ruang bisa tercipta.

2. Jika sudut ruangan Anda memiliki lebae dinding tanggung dan jendela tinggi di satu sisi, maka aturlah dua kursi berlengan ditambah satu meja konsol di antaranya. Kursi berlengan sifatnya tidak masif sehingga tidak akan menutupi sinar yang datang dari jendela.

3. Sudut ruangan dapat diisi dengan ambalan built in. Ambalan ini dapat diisi majalah, buku, atau pernak pernik lain. Agar berfungsi maksimal, sesuaikan ketinggian ambalan dengan jangkauan tangan Anda.

4. Ubah sudut ruang di ruang keluarga menjadi rak buku. Manfaatkan dinding kosong dengan menambahkan rak tempel. Pastikan rak buku ini kuat sehingga bisa memuat aneka macam koleksi buku. Dengan menambahkan standing lamp, ruang sudut bisa berubah sebagai sudut baca yang nyaman.

5. Ide tempat duduk berbentuk "L" seperti bentuk bangku di warung bisa dicoba pada sudut di ruang makan. Buatlah bangku built in yang menempel ke dinding dengan pola huruf L mengikuti bentuk siku-siku ruang. Tambahkan alas duduk dan bantalan punggung agar kegiatan makan lebih nyaman.

6. Di kamar tidur, isi ruang sudutnya dengan tambahan nakas. Keberadaan nakas di samping tempat tidur dapat dimanfaatkan sebagai area penyimpanan. Jadikan nakas ini penuh dengan cerminan karakter Anda, contohnya dengan meletakkan buku favorit, foto pribadi, agenda, dan aksesoris lainnya.

7. Dengan menambah ambalan, meja tempel dan kursi mengubah ruang sudut menjadi ruang kerja baru. Ambalan dan meja ditempel pada dinding dan kolom akan membuat sudut ruang tampil lebih optimal. Selanjutnya, silakan berkreasi dengan meja kerja baru ini.

8. Manfaatkan sudut di kamar mandi sebagai sumber pencahayaan alami dengan menghadirkan bukaan seperti jendela atau skylight. Atau buatlah rongga pada sudut kamar mandi menjadi tempat meletakkan alat-alat mandi.

9. Tempatkan saja sepasang kursi dan meja di sudut ruang. Tambahan keduanya akan menjadikan area ini sebagai tempat baru untuk membangun suasana akrab saat berbincang-bincang, baik antara anggota keluarga atau saat menerima tamu.

10. Kamar tidur dan kamar mandi yang bersebelahan kerap menyisakan sudut luas tapi tanggung. Agar optimal, tambahkan wastafel dan cermin pada area tanggung ini. Hasilnya, Anda akan memeroleh ruang cuci tangan baru.

Selamat berkreasi!

sumber:kompas

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda berkomentar dengan sopan