Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.(Matius 11:28)

19 Mei 2011

SEPTICTANK RAMAH LINGKUNGAN

Posted by Yonas Wisanto on 20:43 with 4 comments
Air limbah dari tangki septik instan bisa langsung dialirkan ke drainase umum tanpa mencemarkan lingkungan.

Salah satu bagian penting sebuah rumah adalah sistem sanitasi yang mencakup suplai air bersih, sistem pembuangan limbah, dan septictank. Agar ramah lingkungan, septictank konvensional dilengkapi area resapan. Air di tangki septik diurai dan dilepas ke area resapan sebelum meresap ke dalam tanah.

Persoalannya di kota-kota besar pembuatan tangki septik konvensional itu makin sulit karena lahan kian terbatas. Terutama untuk rumah dengan lahan kecil, karena jarak area resapan dari sumur minimal 10 meter, agar tanah bisa menetralisir air dari area resapan sebelum bersatu dengan sumber air tanah.

Karena itu sebagai solusinya muncul tangki septik instan (tinggal pasang) yang tidak butuh lahan luas dan tidak perlu area resapan. Cukup gali tanah seukuran septictank. Tangki dilengkapi bakteri pengurai kotoran dan sistem filterisasi, sehingga air limbah aman langsung dilepas ke tanah atau selokan.

Salah satu tangki septik instan pertama di Indonesia adalah Biofil atau biological filter septictank yang terbuat dari fiberglass Teknologinya dikembangkan Puslitbangkim Departemen Pekerjaan Umum sebelum dibeli, diproduksi, dan dipasarkan PT Induro International. Anda bisa membacanya antara lain di majalah Estate edisi Januari 2006.

Dari semen

Belakangan muncul tangki septik instan dari semen, seperti Smartbiosept dari Dusaspun. Menurut B Pascal Prijana, Technical Manager PT Duta Sarana Prakasa, septic tank tanpa media resapan merupakan upaya mewujudkan sistem sanitasi ramah lingkungan. “Limbah dari septic tank itu sudah aman dan tidak berbau,” katanya.

Proses kerja Smartbiosept dalam mengurai limbah organik sama dengan septictank dari fiberglass. Tangki terdiri dari beberapa kompartemen (ruang) dilengkapi media kontak sebagai tempat pembiakan bakteri pengurai. Proses penguraian berlangsung secara biologis didukung filterisasi bertahap di setiap kompartemen.

Mula-mula kotoran dari kloset masuk ke saringan awal di kompartemen pertama, kemudian diurai di kompartemen kedua dan difilterisasi, lalu diurai lagi di kompartemen ketiga dan difilterisasi. Terakhir sebelum diresapkan limbah yang sudah cair itu dicuci dengan mengaktifkan tabung disinfektan dekat outlet pelepasan.

Bila tabung disinfektan tidak diaktifkan, air limbah bisa dipakai untuk menyiram tanaman atau dilepas ke kolam, karena sudah tidak berbau dan berwarna. Smartbiosept mengurai limbah dengan media kontak berbentuk bioball atau bola-bola kecil yang dilengkapi semacam duri. Bakteri dalam bioball akan mengonsumsi kotoran padat dalam tangki. “Karena terbuat dari beton, Smartbiosept sangat kuat, kedap dari luar maupun dalam,” tegas Pascal.

Septictank aman dipasang berdampingan dengan sumber air bersih. Smartbiosept sangat cocok untuk lahan dengan permukaan air tanah yang tinggi. Bila banjir, tangki septik tidak bergeming meski menerima tekanan air dalam tanah. Selama sistem pengolahannya tidak terganggu, tangki septik juga diklaim tidak butuh pengurasan. Ia menolak menyebut harganya. Tapi, dari survei Majalah Estate, harga Smartbiosept lebih mahal ketimbang septic tank fiberglass.

Ada parameternya

Sementara itu Bestindo, tangki septik lain dari fiberglass, memakai mikroorganisme aerobic untuk mengurai kotoran. Bakteri ini butuh udara untuk berkembang biak. Karena itu tangki septik dilengkapi blower yang menyuplai udara untuk bakteri. Setelah melewati proses sedimentasi dan separasi di setiap kompartemen, bakteri aerobic akan mengurai kotoran melalui proses aerasi (penganginan).

“Air hasil penguraian limbah bisa langsung dibuang ke drainase umum,” kata Guntar Somawidjaja, Direktur PT Bestindo Aquatek Sejahtera, produsen Bestindo. Irwadi Sembiring, GM Marketing Bestindo, menambahkan, untuk mengetahui apakah air limbah yang dibuang sudah aman, ada parameternya. Yaitu kadar biological oxygen demand (BOD)-nya tidak melebihi 75 mg/liter, dan kadar chemical oxygen demand (COD) maksimal 100 mg/liter. Untuk itu Anda bisa menguji air limbah dari tangki septik ke laboratorium air.

Blower butuh aliran listrik yang on 24 jam. Misalnya, septictank untuk 5 - 6 orang, listrik blower-nya 29 watt. Tersedia juga blower yang tidak memakai listrik, karena septictank mengurai limbah dengan bakteri anaerobic yang tidak butuh pengudaraan, seperti tipe BS-1.6 dan BS-2 yang cocok untuk rumah tinggal. Hanya penyedotan tangki disarankan setahun sekali.

Septictank fiberglass lebih ringan, antikorosi, antibocor, kuat, dan tahan seumur bangunan. Yang penting pemasangan dilakukan secara benar dan terhindar dari benturan. Pemasangan yang aman sebaiknya di taman, tanpa beban bangunan di atas, bawah, dan di sekeliling tangki septik.

Ukuran Tangki Septik

Pilih septic tank sesuai jumlah penghuni rumah. Untuk rumah berpenghuni 4-6 orang, tangki septik berkapasitas 400 liter sudah memadai. Tapi, bila penghuninya 8 – 12 orang, Anda perlu tangki septik berkapasitas dua kali lipatnya. Dengan memilih ukuran septictank yang tepat, proses penguraian kotoran di dalam tangki juga optimal. Berikut contoh ukuran tangki septik yang disarankan Smartbiosept berdasarkan jumlah penghuni rumah.


sumber:housing-estate

4 komentar:

  1. saya mau bertanya, minimal berapa tahun septictank harus dikuras? dan saya memberikan saran, seharusnya artikel diatas juga diberikan gambar, supaya lebih jelas. ;)

    BalasHapus
  2. informasi yang sangat bermanfaat , mungkin biar lebih jelas diberi sketsa septic tank nya

    BalasHapus
  3. umum nya Septic Tank diletakan berapa meter dekat sumur ?

    BalasHapus

Silakan Anda berkomentar dengan sopan