Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.(Matius 11:28)

2 Jul 2011

Desain Rumah Impian

Posted by Yonas Wisanto on 20:32 with No comments
Rumah dua lantai dengan gaya arsitektur modern, kamar tidur dengan jendela besar menghadap ke taman, ruang baca dengan teras yang terbuka ke kolam, ataupun ruang keluarga dengan piano? Inilah saatnya untuk mengeluarkan apa yang Anda inginkan dan butuhkan dan menuangkannya ke dalam design rumah. Tapi lebih dari sekadar kebutuhan dan keinginan Anda ruangan, bentuk, dan keindahannnya, perlu diingat bahwa rumah sebagai tempat berlindung dan tempat tinggal juga harus mengakomodasi Anda melakukan aktivitas dengan nyaman dengan memperhatikan faktor-faktor kesehatan dan keamanan.
Rumah tinggal yang ideal adalah rumah tinggal yang selain indah, juga nyaman dan sehat. Bersama arsitek Anda, perhatikan dan cermati berbagai faktor-faktor penting menyangkut kesehatan dan kenyamanan rumah seperti organisasi ruang, sirkulasi udara, pencahayaan alami, bahan-bahan bangunan yang sehat, sistem air bersih dan pembuangan yang sehat, juga efisiensi lahan dan konstrusi, serta design ruangan yang menunjang penghematan energi dengan memperhatikan kondisi iklim, cuaca, lingkungan, dan kebutuhan dan aktivitas Anda dan keluarga yang akan tinggal di dalamnya. Jangan lupa, selain ruang dalam, Anda juga harus merancang ruang luar rumah mulai dari tampak rumah, taman, hingga pagar agar indah dan serasi dengan lingkungan sekitarnya.
Selain faktor kesehatan dan kenyamanan, ada baiknya bila Anda juga berkonsultasi dengan arsitek Anda untuk mempertimbangkan kemungkinan untuk mendesain bangunan ramah lingkungan yang sering disebut Green Building. Desain bangunan ramah lingkungan selain baik untuk lingkungan karena memperhatikan faktor bahan-bahan bangunan dan pengurangan limbah pada saat pengkonstruksiannya, juga baik untuk Anda karena selain sehat juga sangat membantu Anda menghemat penggunaan energi dan air.
Agar sesuai dengan ketentuan bangunan yang berlaku di daerah Anda, pastikan Anda mengurus dan mendapatkan Advice planning sebelum mulai merancang. Advice planning merupakan surat dari Dinas Tata Kota (DTK) berisi situasi, peruntukan, ukuran tanah, dan peraturan sempadan bangunan seperti Koefisien Dasar Bangunan (KDB) dan Koefisien Lantai Bangunan (KLB) yang mengatur maksimal luasan lahan dan tinggi lantai yang boleh dibangun. Advice planning didapat setelah petugas dari DTK mengukur batas-batas tanah lahan yang Anda ajukan.

Apakah Green Building itu?
Green building secara umum adalah metode perancangan bangunan yang berusaha meminimalisasi dampak negatif bangunan terhadap lingkungan dengan meningkatkan efisiensi penggunaan bahan, lahan, maupun energi dalam proses pembangunan maupun pengoperasiannya.
Suatu green building adalah bangunan yang dapat menghemat energi, meminimalkan limbah, dan meningkatkan produktifitas orang yang tinggal di dalamnya. Secara sederhana konsep green building dapat diterapkan ke dalam desain rumah tinggal Anda dengan hal-hal kecil seperti:
-Dalam proses konstruksi, gunakan berbagai material yang tidak perlu banyak pekerjaan tambahan, dan tidak menimbulkan banyak sampah dalam proses pembuatannya, atau material lokal yang tidak perlu ditransportasikan terlalu jauh.
-Desain bangunan dengan memperhatikan dan memasukkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami untuk mengurangi penggunaan pendingin ruangan dan lampu untuk menghemat energi.
-Rancang sistem pembuangan yang ramah lingkungan dimana grey water dan storm water (air bekas cuci dan air hujan) akan disalurkan dan ditampung untuk dipakai kembali untuk menyiram tanaman ataupun fungsi lainnya.
-Gunakan solar panel untuk memanfaatkan energi panas matahari.
Disamping beberapa contoh penerapan di atas, masih banyak elemen rumah lain yang dapat didesain dengan prinsip green building. Diskusikan kemungkinan pengaplikasian konsep green building lainnya dengan arsitek Anda, dan konsultasikan juga cara-cara pemakaian dan perawatan rumah tinggal Anda ke depannya untuk menunjang konsep green building ini.

Sustainable Construction dari Holcim
Untuk mendukung implementasi dan perkembangan sustainable construction di Indonesia, Holcim mengembangkan program Solusi Rumah; suatu program menyeluruh yang menyediakan desain dan konsultasi pembangunan hingga pilihan bahan berkualitas dan akses pendanaan.
Sebagai salah satu alternatif untuk membangun rumah yang berkualitas, dan ekonomis, juga sebagai referensi rumah idaman, Anda dapat mempelajari program solusi rumah di (link) untuk mengetahui apa saja detail program Solusi Rumah, dan bagaimana Solusi Rumah dapat menjawab masalah pembangunan rumah Anda dan membantu Anda mendapatkan nilai tambah dari bangunan Anda dengan metode pembangunan yang sustainable.
sumber: duniarumah

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda berkomentar dengan sopan