Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.(Matius 11:28)

28 Nov 2011

Lagi, Pilihan Plafon Perlu Dipertimbangkan!

Posted by Yonas Wisanto on 20:45 with No comments
Plafon menjadi penting karena menjadi pembatas antara atap dan ruang di bawahnya. Naungan plafon juga menahan panas dari atap, agar tak langsung terasa ke bagian bawah.

Untuk material plafon di hunian Anda, ada beberapa jenis yang bisa dijadikan pilihan. Semua tergantung kebutuhan dan selera Anda!

Plafon tripleks

Ini merupakan jenis plafon paling populer digunakan. Karena lebih murah, maka banyak digunakan oleh pemborong. Sayangnya, plafon triplek akan mudah terlihat noda bila terkena air yang merembes dari atap.

Untuk mengecat ulang, perlu dicat lebih dulu dengan cat minyak. Setelah itu, baru kemudian dibilas dengan cat tembok.

Plafon gypsum

Plafon dari material batu putih hasil endapan di laut ini juga paling banyak dicari. Bahan gipsum dinilai lebih kuat daripada plafon tripleks. Wujudnya pun tampak lebih mulus dan rapi.

Di pasaran, plafon ini tersedia dengan banyak variasi aksesoris dan hiasan. Hanya, kelemahan plafon jenis ini juga pada rembesan air. Maka, agar efektif, konstruksi atap harus dipastikan aman dari kebocoran.

Plafon fiberglass

Plafon jenis ini lebih awet, tahan terhadap serangan rayap, serta jamur. Pemasangan dengan sistem knock down memudahkan kita untuk mengganti atau mengubah atap ini. Motif untuk plafon ini juga bervariasi, ada yang polos atau bertemakan sesuatu.

Plafon kaca

Plafon jenis ini dapat membantu memaksimalkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Dengan plafon ini, Anda akan menghemat penggunaan listrik pada siang hari.

Namun, diperlukan perhitungan yang tepat dalam pemasangannya. Penambahan lapisan kaca film atau kaca buram sebaiknya dilakukan. Hal ini agar saat plafon kaca pecah, pecahannya tidak menyebar dan melukai penghuni rumah.

sumber:kompas

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda berkomentar dengan sopan