Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.(Matius 11:28)

12 Jul 2012

TIPS AGAR KLIEN TETAP SETIA

Posted by Yonas Wisanto on 19:41 with No comments

Didalam dunia kerja khususnya yang berhubungan dengan klien atau sebagai freelancer, seperti halnya ketika berpacaran, klien atau rekan bisnis juga perlu selalu didekati atau di manja. Sehingga hubungan kedua belah pihak tetap terjaga dan ‘mesra’ karena kedua pihak harus dan wajib mendapatkan kebaikan atau keuntungan yang berimbang.

Satu pihak mendapat pembayaran yang sesuai dan klien juga mendapatkan hasil pekerjaan yang diinginkan. Selain itu, ketika kedua pihak merasa puas tentu diharapkan proyek-proyek lainnya akan datang.

Berikut ini beberapa tips agar klien tetap setia kepada kita:

1. Memahami kebutuhan klien

Gali dan cari informasi sebanyak mungkin bahkan hal-hal yang kecil berkaitan dengan proyek yang dikerjakan. Hal ini sangat penting dilakukan agar kita terhindar dari kesalahan yang kecil atau bahkan yang fatal. Kesalahan karena kurangnya informasi ini biasanya akan timbul ketika proyek akan selesai atau mendekati tenggat waktu.

Selain itu, kepedulian kita dengan hal-hal yang detil atas kebutuhan klien merupakan tanda bahwa kita sangat perhatian dan tertarik dengan proyek itu sehingga klien dapat menyakinkan bagaimana perhatian penuh kita terhadap proyek.

2. All-in-One, serba bisa

Ada kalanya klien lebih menyukai kita dapat melakukan beberapa hal yang lain. Selain itu kita harus memiliki kemampuan ‘serba bisa’ tersebut sehingga dapat mendukung kesuksesan proyek. Tetapi perlu di perhatian batasan kemampuan kita karena hal ini dapat mempengaruhi juga tengat waktu penyelesaian proyek karena keterbatasan ‘ilmu’ yang ada pada kita.

3. Tanggapan yang cepat

Service atau pelayanan terhadap klien juga merupakan hal yang mutlak di perlukan. Antara lain dengan memberikan respon atau tanggapan yang cepat, seperti menjawab e-mail, telepon, sms, atau bbm dari klien tentang permasalahan di proyek atau ada kemungkinan proyek yang lain.

Sehingga klien merasa bahwa kita selalu sedia untuk mereka dan perhatian penuh terhadap proyek.

4. Selesai Sesuai Waktu

Setelah mendapatkan informasi detail termasuk kebutuhan klien, perhitungkan juga waktu yang di perlukan untuk menyelesaikan proyek. Hindari klien merasa kecewa karena kita tidak menyelesaikan proyek sesuai tepat waktu yang telah ditentukan.

Sesuai kemampuan kerja dan jadual kita ketika menyusun timeline proyek, apalagi ketika kita sedang menyelesaikan proyek yang lain. Jika tenggat waktu tidak memungkinkan bagi kita, cobalah untuk memberi alasan yang kuat karena kita menyelesaikan proyek agar mendapatkan hasil akhir yang memuaskan bagi kedua pihak.

Hindari untuk menunda pekerjaan karena semakin cepat kita menyelesaikan proyek, kita masih ada waktu untuk memperbaiki jika ada kekurangan. Selain itu melaporkan perkembangan proyek kepada klien dapat membuat klien merasa dekat.

5. Membangun dan menjaga hubungan baik

Memperlakukan klien atau rekan bisnis kita sebagai teman sendiri. Sehingga dengan sentuhan personal, kita dapat mengenal klien secara pribadi dan ingatlah hal-hal penting tentang mereka seperti tanggal ulang tahun mereka, makanan favorit, aktifitas dan makanan kegemaran, dan sebagainya. Jangan lupa kirimkan ucapan selamat di moment penting mereka melalui sms atau email.

6. Kita selalu ada untuk dia

Berkaitan dengan point ketiga dan kelima khususnya, sebaiknya memberikan messenger id kita (YM, SKYPE, MSN, GTLAK), email atau no handphone kita jika tidak online. Jika kita ingin di anggap lebih profesional, sebaiknya beri akses klien ke proyek managemen online (seperti activecolabs, atau sejenisnya)

Itulah beberapa tip agar klien tetap setia, mungkin rekan-rekan mempunya tips atau saran yang lain, silahkan menambahkannya di kolom komen dibawah ini.

sumber:f-buzz.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda berkomentar dengan sopan