Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.(Matius 11:28)

24 Agt 2013

Hubungan yang Kuat pada Tim

Posted by Yonas Wisanto on 21:41 with No comments
Membangun tim yang solid dan perform adalah kunci keberhasilan proyek. Project manager harus memahami fase tumbuh-kembang tim steamwork 300x182 Hubungan yang Kuat pada Timejak tim terbentuk dan mengerti apa yang harus dilakukan pada sisi leadershipnya pada tiap fase tersebut. Di samping itu, Project manager haruslah mengerti bagaimana membangun hubungan yang kuat dengan timnya.
Membangun tim bukanlah pekerjaan yang terlalu sulit, namun tidak juga gampang. Tugas ini ada pada Project manager. Tim yang solid dan kuat akan menghasilkan performa yang tinggi pada proyek. Bisa jadi tugas membina tim adalah salah satu tugas terpenting Project manager.
Dalam proses pembinaan tim, Project manager haruslah memiliki hubungan yang kuat dengan timnya. Hubungan yang kuat tersebut akan memberikan beberapa keuntungan, antara lain:
1. Tim akan mampu menyelesaikan tugas lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat
2. Tim akan berfungsi sebagaimana layaknya tim yang sebenarnya ketimbang sekedar suatu kelompok individu saja
3. Konflik yang terjadi terkendali lebih baik diantara tim
4. Tim bekerja bersama lebih efektif dan efisien
5. Tim dapat bekerja lebih cepat pada proyek dalam waktu yang lebih singkat
6. Project manager akan mendapat kepercayaan dan respect yang tinggi dari timnya.
7. Individu dalam tim akan bekerja pada produktifitas yang lebih tinggi dari yang biasanya.
8. Rasa keterikatan antar anggota tim akan tinggi dan hal tersebut akan meningkatkan rasa saling membutuhkan serta rasa tanggung jawab dalam tim
Lalu, bagaimana cara project manager dapat membangun hubungan yang kuat dengan tim nya? Ada beberapa cara sederhana namun cukup memberikan dampak pada tim, yaitu:
1. Ajak satu tim makan siang bersama di luar. Hal ini akan memungkinkan antar anggota tim untuk saling mengenal satu dengan yang lain lebih baik dan juga anggota tim akan mengenal project manager lebih baik. Sebaiknya pada saat itu tidak membicarakan masalah pekerjaan, ambillah topik pembicaraan yang santai dan kekeluargaan.
2. Percayai tim. Sekali mengenal mereka, keahlian dan pengalamannya, ini menjadi lebih mudah untuk memberikan kesempatan atau mendelegasikan kepemimpinan kepada mereka. Biarkan mereka mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah mereka sendiri. Mereka akan bertanya jika mereka merasa butuh bantuan saja.
3. Pertemuan satu demi satu terhadap anggota tim untuk membuat hubungan personal yang lebih baik. Bicaralah dan kalau bisa bantu urusan mereka mengenai masalah lain selain urusan pekerjaan seperti masalah keluarga, hobbi, atau yang lain yang sedemikian mereka merasa mendapat atensi yang tulus dari pimpinannya.
4. Sesekali tanyakan saran pada mereka atas suatu masalah yang sulit yang sedang dicari solusinya. Anggota tim seringkali memiliki keahlian yang tidak dimiliki oleh project manager. Mereka dapat membantu project manager dalam mengatasi masalah. Dengan menanyakan saran kepada mereka, akan membuat anggota tim merasa lebih dihargai. Hal ini secara tidak sadar akan meningkatkan kadar kepemimpinan project manager dimata mereka.
5. Berbagilah informasi kepada tim. Bisa berbagi informasi mengenai proyek, artikel yang menarik, informasi hobbi dan berita menarik lainnya.
6. Sering-seringlah mengajari ilmu atau keahlian yang bermanfaat yang dapat membantu mereka dalam bekerja. Hal ini selain akan meningkatkan kompetensi anggota tim, juga akan membuat anggota tim merasa bahwa project manager mereka tidak sekedar atasan secara jabatan, namun juga gurunya dan bahkan pemimpin mereka. Ini akan membuat mereka lebih loyal kepada project manager.
7. Libatkanlah anggota tim dalam menghadapi problem yang sulit. Pada saat sulit, tunjukkanlah bahwa project manager terlihat mampu mengatasi problem tersebut dan menghasilkan prestasi. Keterlibatan tim atas proses penyelesaian masalah yang berujung pada prestasi, akan membentuk suatu ikatan batin yang luar biasa.
8. Rayakan suatu keberhasilan pencapaian target atau keberhasilan melewati masalah secara bersama-sama dengan anggota tim. Perayaan bisa dengan mengadakan suatu acara yang menyenangkan seperti jalan-jalan, mancing, nonton bersama, makan bersama, dan lain-lain.
sumber:proyekindonesia.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda berkomentar dengan sopan