Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.(Matius 11:28)

13 Des 2013

Anak Anda selalu menentang apa yang Anda katakan? Setiap kali Anda melarangnya untuk tidak melakukan sesuatu, perlahan-lahan ia pasti justru melakukannya. Lantas, apakah yang harus dilakukan agar ia mau mendengarkan Anda?
Susanne Ayers Denham, Ph.D, seorang Psikolog Perkembangan, pada Babycenter.com mengatakan, sebenarnya anak sedang tidak menentang atau menantang Anda. Ia hanya sekadar menguji Anda, namun tidak dalam cara seperti yang Anda pikirkan.
Pada usia ini, balita memang sedang mencoba bergulat dengan standar perilaku dan aturan keluarga. Mereka sedang dalam proses transisi antara membutuhkan Anda untuk membuat mereka patuh serta "mengikuti" aturan meski Anda tidak berada di dekatnya.
Untuk bisa benar-benar taat pada orangtua, tidaklah mudah bagi anak. Prosesnya tidak selalu mulus dan berjalan perlahan-lahan.
Pertama, mereka menginginkan apa yang mereka inginkan ketika mereka menginginkannya.Pada saat itu mereka akan terlihat "menyerah" pada Anda dan menganggapnya sebagai kerugian yang nyata.
Kedua, mereka ingin tahu sejauhmana aturan itu bisa dilanggar. Misalnya, "Jika saya duduk memegang api itu, apakah yang akan terjadi?"
Ketiga, mereka benar-benar masih membutuhkan banyak pelatihan dari Anda dari waktu kewaktu.
Jadi, kata Denham sekali lagi, anak tidak tidak sedang menantang Anda. Ia hanya sedang menguji dirinya secara sehat.
Pertanyaan berikutnya, apakah yang diharapkan oleh anak dari ketidaktaatannya? Mungkin tidak terlalu banyak. Ketika mereka menjadi kecewa karena sudah tidak taat, (alih-alih menjadi sangat kecewa) anak akan mendapatkan pola pikir yang sama sekali berbeda dari pemikiran awal mereka.
Cobalah membuat lingkungan rumah di mana jumlah kata "tidak" menjadi lebih sedikit digunakan. Dengan begitu, Anda berdua membuat kepatuhan sebagai upaya kerjasamabersama.
Misalnya, jika Anda tidak ingin anak bermain dengan koleksi kristal Anda, pastikan kabinet kristal Anda terkunci dan menjaga barang-barang berharga lainnya dari jangkauan anak.
sumber:tribunnews.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda berkomentar dengan sopan