Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.(Matius 11:28)

29 Jun 2014

Berapa Tinggi Ideal Pagar Rumah?

Posted by Yonas Wisanto on 19:28 with No comments




Tak ada aturan resmi yang mengatur tinggi pagar rumah sehingga banyak orang bingung menentukan tinggi pagar rumah ideal. Namun, sebetulnya ada beberapa faktor yang ikut berpengaruh dalam menentukan tinggi pagar rumah ideal.


Sebelum membangun pagar rumah, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu regulasi yang dibuat pemerintah atau pengembang mengenai pagar rumah yang diizinkan. Adakah aturan jelas yang mengatur tinggi pagar rumah ideal.


Misalnya, ketika Anda tinggal di perumahan dengan konsep town house. Di perumahan semacam ini, penggunaan pagar tinggi akan bertentangan dengan konsep keramahan yang ditawarkan oleh perumahan tersebut.


Tinggi pagar rumah ideal juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Bagi Anda yang membangun pagar dengan tujuan melindungi area private di rumah, ketinggian ideal pagar adalah lebih tinggi dari rata-rata tinggi orang dewasa, yaitu sekitar 1,8 meter.


Untuk Anda yang ingin mencegah penyusup masuk ke dalam rumah, tinggi pagar rumah ideal berkisar 1,8 – 2,5 meter. Agar lebih aman, banyak orang menambahkan material tajam, antara lain pecahan beling, paku, dan sebagainya pada bagian kepala pagar.


Sementara itu, untuk meminimalisasi kebisingan suara di area depan rumah, bukan hanya tinggi pagar rumah ideal yang perlu diperhatikan. Faktor ketebalan pagar juga ikut berpengaruh. Untuk meminimalisasi suara, sebaiknya pagar rumah dibuat dengan ketebalan minimal 10 cm dan ketinggian berkisar 1,8 – 2 meter.


Sebagai saran, untuk Anda yang tinggal di lingkungan klaster, Anda bisa menggunakan pagar dengan ketinggian 0,9 – 1,2 meter atau hanya setinggi pinggang orang dewasa. Andi Wahyudi, arsitek dari ArchDESIGN, mempunyai ukuran yang jelas mengenai tinggi pagar rumah ideal.


"Tinggi pagar sebaiknya tidak lebih dari 1,5 m. Paling ideal 1,2 m," ujarnya.


Jika lebar rumah kurang dari 8 m, sebaiknya tinggi pagar 1,2 m. Sementara jika lebar rumah di atas 8 m, bisa menggunakan pagar berketinggian 1,5 m. Menurut Andi, ukuran pagar itu sudah cukup untuk memberi keamanan pada rumah dan memberi kenyamanan visual sehingga wajah rumah masih dapat dinikmati.


sumber:kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda berkomentar dengan sopan