Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.(Matius 11:28)

9 Mar 2011

Eksplorasi Warna dengan Cat Dekoratif

Posted by Yonas Wisanto on 20:34 with 2 comments
Cat dekoratif bukan sekedar cat tembok. Karena itu jangan ragu mengeksplorasi warnanya untuk mempercantik rumah.

Hari-hari besar keagamaan seperti Idul Fitri adalah kesempatan mempercantik rumah dengan cat dekoratif. Boleh dengan warna sebelumnya, bisa juga dengan warna-warna yang lagi in.

Untuk ruang makan Anda bisa memakai warna merah dan oranye yang merangsang selera. Ruang keluarga/ruang tamu dengan warna-warna pastel, kamar tidur dengan warna-warna teduh dan calm seperti kelabu dan coklat dengan beberapa aksen warna agak gelap, dan kamar anak dengan warna-warna ceria seperti biru dan pink.

Gaya hidup urban yang sibuk dan serba praktis membuat orang cenderung pada warna-warna segar, bersih, dan alami. Sementara yang berusia muda memilih warna cerah, hangat, dan menyala seperti merah, jingga, dan kuning. Tapi, pada akhirnya semua tergantung selera, mood, dan gaya hidup.

Yang penting warna apapun yang dipilih, pastikan aplikasinya menghasilkan efek emosional yang diinginkan. Bila ingin suasana ruang keluarga yang segar, gunakan warna-warna fresh seperti hijau daun dan biru langit dengan sentuhan warna-warna lembut seperti pastel sebagai aksen.

Intinya pilihan warnajangan monoton agar tidak terkesan kaku dan membosankan. Jangan takut mengeksplorasi warna sepanjang menyenangkan, dan sesuai dengan gaya rumah atau gaya hidup Anda. Cat dekoratif memang untuk membantu menghidupkan ruang melalui permainan warna. Cat dekoratif bukan sekedar cat tembok.

MEMPERINDAH

Menurut Rina Sagitawati, Development Chemist Mowilex, cat dekoratif adalah cat yang berfungsi memperindah penampilan rumah sekaligus melindunginya dari cuaca. Bila ragu soal warna cat yang diinginkan, jangan segan bertanya atau minta rekomendasi ahlinya. Tiap tahun produsen cat melansir tren warna sebagai panduan memilih warna cat.

Mereka juga menyediakan komputer pengoplos warna bila warna yang diinginkan tidak tersedia di katalog. Novi Christiana, Decorative Sales Manager PT Jotun Indonesia, produsen cat Jotun, mengungkapkan, pihaknya menyediakan komputer khusus dan colour consultant untuk membantu konsumen memilih warna, mengaplikasikan, dan melihat efeknya.

Selain warna, perhatikan juga daya tahannya. Pilih cat dekoratif yang banyak mengandung latex (acrylic) dan pigmen serta sedikit kapur (filler). Latex berfungsi sebagai perekat dan pelindung, pigmen sebagai pewarna, dan filler sebagai pengisi.

sumber: housing-estate.com

2 komentar:

  1. makasih kunjungannya...!
    salam persahabatan..
    tips yang menarik..! selain warna juga harus diperhitungkan jenis dan kualitas cat yg dipakai..!

    BalasHapus
  2. Aku kurang faham ya tentang cat tapi aku pingin jika pun ya rumah nanti aku pingin dengan warna cat tembok yang soft dan gak terlalu cerah...

    BalasHapus

Silakan Anda berkomentar dengan sopan