Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.(Matius 11:28)

17 Mar 2011

PENYEBAB TERANGKATNYA KERAMIK

Posted by Yonas Wisanto on 19:39 with No comments
Sering dijumpai keramik lantai yang meledak atau disebut PUMPING. Hal ini disebabkan oleh:1. Penyusutan adukan semen pasir (mortar) yang disebabkan oleh menguapnya air. Seperti kita ketahui dalam suatu campuran adukan semen pasir terkandung factor air dan setelah adukan berbentuk, maka air yang terdapat didalamnya akan menguap akibat suhu udara luar dan hasil reaksi dari adukan itu sendiri sehingga akan terjadi penyusutan karena hilangnya air tersebut. Pada permukaan akan terjadi peningkatan tegangan permukaan yang timbul akibat penyusutan adukan yang disebabkan adanya penguapan air.
2. Getaran-getaran halus dari pejalan kaki dan kendaraan di jalan sekitar bangunan. Contohnya supermarket/mall yang banyak dilalui pejalan kaki dan getaran kendaraan disekitarnya.
3. Perubahan temperature, dimana sifat adukan semen pasir yang keras/tidak fleksibel. Contohnya lantai depan (teras), dinding depan, lantai gedung yang tiap lantainya berbeda temperature karena adanya AC.
4. Pergerakan bangunan akibat gerakan bumi. Contohnya terjadinya gempa ringan, penurunan tanah (settlemen).
5. Adanya perubahan struktur bangunan. Contohnya keretakan pada beton (cracking), penurunan pada pondasi, penurunan pada struktur (defleksi). HBL.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda berkomentar dengan sopan