Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.(Matius 11:28)

27 Jan 2012

Hidup yang Berhasil

Posted by Yonas Wisanto on 18:49 with No comments

Bacaan hari ini: Matius 28:19-20
“Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak.” (Amsal 6:6)

Ketika memasuki tahun yang baru ini, banyak kali kita dipengaruhi oleh berbagai macam pendapat tentang kehidupan manusia yang akan datang. Ramalan-ramalan tentang sesuatu yang akan terjadi di masa depan, menjadi komoditas yang sangat laris dan ditunggu-tunggu banyak orang, ketika menapaki tahun yang baru.

Dalam Alkitab yang kita baca hari ini, Penulis Amsal mengingatkan tentang sesuatu yang penting bagi kita yang merindukan suatu kehidupan yang berhasil. Pokok penting yang dinyatakan oleh Penulis Amsal adalah, “jangan malas.” Bila hidup yang Tuhan anugerahkan, kita hidupi dengan kemalasan, maka akan menghasilkan kehidupan yang tidak beruntung. Sebab itu, Penulis Amsal mengajak pembacanya untuk belajar dari semut, sehingga kita dapat memiliki kehidupan yang berhasil.

Pertama, seekor semut adalah binatang yang rajin. Meskipun tanpa pemimpin, pengawas dan pengatur, para semut dapat mengerjakan tugas dan tanggung-jawabnya dengan baik. Pola hidup rajin memberikan kepada kita kesempatan yang luas untuk mengerjakan banyak hal pada bidang kita masing-masing. Kedua, seekor semut adalah binatang yang bekerja keras. Mereka mengumpulkan dan mengusahakan makanan mereka. Ini menunjukkan betapa mereka bersusah payah dengan sekuat tenaga, bekerja untuk mengumpulkan dan mengusahakan makanan mereka. Kerja keras merupakan pola hidup yang akan menghasilkan kehidupan yang berarti dalam kehidupan kita. Tanpa kerja keras, tidak mungkin kita dapat meraih suatu keberhasilan. Ketiga, seekor semut memiliki ketepatan waktu dalam mengumpulkan makanan mereka, baik itu waktu panen dan waktu panas. Ketepatan ini menjadi contoh bagi kita supaya kita juga memiliki prioritas, target dan pengaturan waktu yang efisien sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal. Belajarlah tepat waktu dan tidak menunda-nunda waktu, merupakan suatu kunci hidup yang berhasil. Hari ini, ketika kita memasuki tahun yang baru, sudahkan kita mempersiapkan diri dengan baik? Mari kita berkomitmen untuk menjauhi kemalasan; dan belajar dari semut.

sumber: perspektif gkagloria

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda berkomentar dengan sopan