Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.(Matius 11:28)

1 Jun 2012

Merencanakan Ruang Kerja (Kantor) Dirumah Anda

Posted by Yonas Wisanto on 20:06 with No comments
Kehidupan diperkotaan dengan tingkat stress yang tinggi memunculkan budaya kerja yang baru dan cukup menarik, bekerja dari rumah. Akibat kondisi kemacetan perjalanan pulang pergi ke tempat kerja, biaya penyediaan kantor dan pemeliharaannya yang cukup mahal maka metoda bekerja dari rumah (home office) menjadi salah satu alternatif yang dilirik agar tetap bisa produktif. Bekerja dari rumah telah menjadi bagian dari trend saat ini. Selain lebih efektif dan efisien, memiliki kantor dirumah juga menjadikan seseorang tidak mengalami penumpukan pekerjaan, karena pekerjaan atau tugas bisa dicicil pada saat berada dirumah. Ada beragam profesi seperti; konsultan (arsitek, desainer interior, desainer grafis, engineer), broker, trader, pengacara, notaris, dokter, atau akuntan lebih memilih untuk melakukan sebagian besar pekerjaannya dari rumah. Kebanyakan dari mereka dengan profesi seperti yang telah disebut diatas memilih untuk bekerja dari rumah pastinya melihat banyak keuntungan dengan gaya hidup seperti ini, melakukan hampir seluruh kegiatan utamanya tanpa harus meninggalkan rumah. Dengan meningkatnya kebutuhan akan sebuah ruang kerja atau kantor dirumah, anda harus tau bagaimana merencanakan dan mengintegrasikan rumah sebagai tempat tinggal, sekaligus juga sebagai tempat untuk bekerja. Yang perlu diperhatikan dalam merencanakan sebuah rumah dengan ruang kantor kecil yang ada didalamnya adalah bentuk kegiatan apa yang akan dilakukan dan berapa jumlah orang yang akan bergerak di dalam ruangan tersebut. Jenis kegiatan dan jumlah orang ini yang nantinya akan menentukan luas ruang kantor yang dibutuhkan, jenis furniture, cara penataan furniture-furniture, warna dan pencahayaan pada ruang kantor dirumah anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan saat merencankan sebuah ruang kantor untuk bekerja dirumah anda.. Brand/Image Jika frekwensi meeting anda dengan client dirumah sangat sering, seharusnya anda mempersonalisasikan desain interior kantor dirumah sesuai dengan background anda. Ingat, rumah anda bukan hanya sekedar rumah untuk tinggal saja, tapi juga kantor anda. Jadi, jika anda seorang arsitek, desainer, akuntan, notaris, pengacara, perencana keuangan, broker/trader, atau seniman, maka desainlah ruang kantor anda untuk mengidentifikasikan bahwa ruang tersebut adalah milik anda. Karena estetika pada bagian ruangan tertentu, mencerminkan estetika seluruh rumah anda. Tata rumah anda dengan baik, kondisi rumah yang rapih dan teratur sangat mendukung image yang akan anda ciptakan nantinya. Jangan biarkan koran, majalah, buku bacaan dan barang-barang lainnya tidak tertata dan membuat rumah dan ruang kantor anda terlihat berantakan. Bersihkan rumah dan area ruang kerja anda dengan menyediakan tempat sampah khusus untuk sampah pekerjaan kantor anda. Selain menjaga kebersihan rumah, ruang kantor anda harus selalu siap untuk menerima klien dan rekan kerja setiap saat dan bahkan pada saat anda sedang tidak bekerja. Rumah dan ruang kerja (kantor) yang bersih akan menawarkan ketenangan, perasaan damai dan nyaman ketika anda bekerja dan tinggal didalamnya. Space Jika anda bekerja sendirian di rumah, maka mendesain ruang kerja atau kantor tentunya akan lebih mudah dan fleksibel. Anda dapat mendesain ruang kerja tersebut menyatu dengan kamar tidur, ruang tamu, di bawah tangga bahkan dapat diposisikan berdampingan dengan ruang dapur atau pantri. Anda juga perlu mempertimbangkan kebiasaan-kebiasaan anda, karena beberapa pilihan posisi ruang kerja memiliki efek yang cukup berpengaruh. Misalnya, anda ingin menempatkan ruang ruang kerja menyatu dengan kamar tidur, maka kemungkinan yang terjadi adalah anda sulit bekerja dengan serius karena konsentrasi anda terganggu dengan tempat tidur yang seolah-olah selalu mengajak anda untuk bermalas-malasan. Menempatkan ruang kerja menyatu didalam kamar tidur, ruang makan atau didekat dapur bukan solusi jangka panjang terbaik bagi mereka yang bekerja di rumah. Ruko adalah konsep penataan ruang terbaik jika anda ingin menjadikan sebuah rumah berfungsi ganda sebagai tempat tinggal juga sebagai tempat untuk bekerja (kantor), ruko yang didesain multilevel menawarkan anda pilihan untuk memanfaatkan masing-masing level pada bangunannya. Satu level khusus bisa anda fungsikan sebagai area untuk bekerja, dan level lainnya bisa digunakan untuk tempat tinggal. Furniture Jika kantor dirumah anda akan digunakan oleh beberapa orang, tentunya membutuhkan ruang khusus dengan space yang lebih besar. Dibutuhkan desain khusus untuk furnitur kantor dirumah untuk bisa mengakomodasi dokumen dan peralatan kantor seperti komputer dan printer, dll. Pilih furniture yang simple dan fungsional sesuai dengan kebutuhan, tetapi tetap memperkuat citra/karakteristik dari pekerjaan anda, karena ini akan terlihat sangat unik dan menarik. Meskipun kantor anda berada dirumah, sebuah kantor di harus memiliki set-up peralatan kantor yang lengkap seperti : telepon, faks, komputer, printer, scanner, akses internet, rak penyimpanan untuk file, dan segala sesuatu yang biasanya ada didalam kantor. Sebuah ruang kerja yang baik harus memiliki pencahayaan yang baik, meja kerja yang baik, cabinet atau rak file yang cukup, tampilan ruang yang bersih, ventilasi yang baik dan lantai dengan pelindung yang baik (karpet) untuk memudahkan pembersihan. Jangan berhemat pada peralatan kerja. Anda akan bekerja dengan lebih baik dan optimal jika peralatan kerja dikantor anda lengkap untuk semua keadaan dan jenis pekerjaan. Warna Warna yang dipilih di ruang kerja (kantor) sebaiknya menggunakan warna netral seperti putih.Tentunya hal itu harus diperkuat dengan mempergunakan pencahayaan yang maksimal dimaksudkan agar anda atau pegawai yang bekerja di ruangan tersebut bisa bekerja dengan maksimal. Pemilihan warna yang tepat diharapkan bisa meningkatkan semangat anda ketika bekerja. Pilih dan gunakan warna cat yang bisa menyatu dan kohesif dengan lantai. Pertimbangkanlah untuk menggunakan warna-warna yang netral sebagai warna utama. Warna netral akan memberikan kesan ruangan kantor yang luas, ingat bahwa kantor anda adalah area dengan space yang sempit, sehingga anda sebaiknya menggunakan warna-warna yang terang agar kesan luas bisa didapatkan. Setalah memilih warna utama, selanjutnya anda bisa menggunakan 1 warna bright sebagai aksen. Warna terang sebagai aksen akan memberikan daya tarik, sehingga ruangan tidak terkesan polos dan monoton. Pilihlah cat yang berkualitas tinggi, siapkan peralatan yang dibutuhkan seperti paint shield, molding dan masker. Siapakan cetakan atau sticker, jika ada bagian yang akan dicat dengan warna lain, maka anda sebaiknya menutup bagian tersebut terlebih dahulu. Pencahayaan Untuk pencahayaan diruang kerja (kantor) anda, sangat disarankan menggunakan jenis lampu pijar yang berwarna kuning dan lampu dengan intensitas cahaya yang cukup tinggi agar mata anda tidak cepat lelah. Gunakan floor lamp yang cukup tinggi, ceiling fixtures atau lampu gantung untuk memberi kesan dramatis tetapi ruangan kantor harus dijaga agar tetap lega. Dibanyak ruangan kantor anda pasti sering melihat lampu spotlight atau downlight, anda juga bisa menggunakannya diruang kerja anda. Jika memungkinkan tambahkan task lamp dimeja anda, task lamp sangat efektif dan tidak mengambil banyak space diatas meja atau area kerja anda. sumber: Architectaria – Arsitek dan Perencana

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda berkomentar dengan sopan